Cratty adalah
seorang ahli paendidikan jasmani. Ia menekankan pentignya gerak dalam mambantu
anak yang memilikai masalah belajar, ia percaya bahwa aktivitas gerak dapat
memberikan sesuatu pengalaman sensori yang dapat menigkatkan prestasi belajar
anak secara umum dikelas.
Cratty
memberikan beberapa contoh tentang pendidikan jasmani dapat dikaitkan dengan
belajar dikelas. Sebagai contoh, perhatian anak dapat diperjuangkan melalui
bebagai permainan dan aktifitas jasmani dengan harapan menigkatkan perhatian
anak terhadap pelajaran akademik. Belajar huruf-huruf dapat disajikan dalam bentuk aktifitas fisik
degan cara membuwat huruf-huruf besar dari kayu yang diletakkan dilanti. Dengan
mengajak anak-anak berjalan melewati huruf-huruf besara tersebut meraka akan
mengenal bentuk berbagai huruf. Menurut cratty, berbagai aktivitas yang
melibatkan seluruh tubuh, dapat menjadikan sarana bagi anak hiperaktif untuk
berlatihmemusatkan perhatian.
Program
pendidikan jasmani adaptif, adalah program pendidikan jasmani yang telah
dimodifikasi untuk mempertemukan kebutuhan-kebutuhan anak yang menyandang cacat ketunaan.
Tujuannya adalah untuk membantu anak yang menyandang ketunaan mengambil
manfaaat kenikmatan aktifitas reaksi seperti yang diperoleh anak-anak yang
lainnya yang sangat bermanfaat bagi perkembagan jasmani, emosi, dan sosial yang
sehat.
Dalam bebrapa
kasus anak-anak berkesulitan belajar
memerlukan program pendidikan jasmani seperti yang dilakukan oleh anak-anak
lain pada umumnya.
Sumber:
Penerbit
KATA HATI
Jl , Anggrek 97A Sambilegi Lor RT 04 RW 57
Maguwohaarjo, Depok,
Sleman, Jogjakarta
Telp .(0274)7482086,
081.642.72234
Fak : (0274) 488404
e-mail
:amuzzwacana@yahoo.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar