Pages

Selasa, 19 November 2013

Teori pendidikan jasmani adaptif"kesulitan belajar"



Cratty adalah seorang ahli paendidikan jasmani. Ia menekankan pentignya gerak dalam mambantu anak yang memilikai masalah belajar, ia percaya bahwa aktivitas gerak dapat memberikan sesuatu pengalaman sensori yang dapat menigkatkan prestasi belajar anak secara umum dikelas.
Cratty memberikan beberapa contoh tentang pendidikan jasmani dapat dikaitkan dengan belajar dikelas. Sebagai contoh, perhatian anak dapat diperjuangkan melalui bebagai permainan dan aktifitas jasmani dengan harapan menigkatkan perhatian anak terhadap pelajaran akademik. Belajar huruf-huruf  dapat disajikan dalam bentuk aktifitas fisik degan cara membuwat huruf-huruf besar dari kayu yang diletakkan dilanti. Dengan mengajak anak-anak berjalan melewati huruf-huruf besara tersebut meraka akan mengenal bentuk berbagai huruf. Menurut cratty, berbagai aktivitas yang melibatkan seluruh tubuh, dapat menjadikan sarana bagi anak hiperaktif untuk berlatihmemusatkan perhatian.
Program pendidikan jasmani adaptif, adalah program pendidikan jasmani yang telah dimodifikasi untuk mempertemukan kebutuhan-kebutuhan  anak yang menyandang cacat ketunaan. Tujuannya adalah untuk membantu anak yang menyandang ketunaan mengambil manfaaat kenikmatan aktifitas reaksi seperti yang diperoleh anak-anak yang lainnya yang sangat bermanfaat bagi perkembagan jasmani, emosi, dan sosial yang sehat.
Dalam bebrapa kasus anak-anak berkesulitan  belajar memerlukan program pendidikan jasmani seperti yang dilakukan oleh anak-anak lain pada umumnya.
Sumber:
Penerbit
KATA HATI
Jl , Anggrek 97A  Sambilegi Lor RT 04 RW 57
Maguwohaarjo, Depok, Sleman, Jogjakarta
Telp .(0274)7482086, 081.642.72234
Fak : (0274) 488404
e-mail :amuzzwacana@yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman