Pages

Kamis, 07 November 2013

Kepedulian pemerintah terhadp penderita keterlambatan belajar


Undang-undang Pendidikan bagi individu Penderita cacat tahuh 1990 menjamin adanya institusi pendidikan umum bagi anak usia sekolah yang didiagosisi menderita keterlambatan belajar. Dibawah ini payung undang-undang ini, sekolah-sekoah umum diminta untuk merancang dan menerapkan suatu Program Pendidkan individu yang ditunjukan bagi kebutuha masing-masing anak spesifik. Undang-undang Penidikan bagi orang  cacat tahun 1991, memperluas layanan ini bagi anak-anak usia belia untuk menerima pertolongan bahkan sebelum mereka menduduki bangku sekolah.
Undang-undang lainnya, yakni undang-undang Kaum Cacat Amerika(America With Disabilities Act)tahun 1990, menjamin kesempatan kerja yang sama bagi orang yang menderita keterlambatan belajardan melindugi pekerja cacat itu terhadap diskriminas dalam dunia kerja Pengusaha tidak boleh memandang keterlambatan belajar dalam menyeleksi calon pekerjanya. Perusahaan juga harus menyediakan”akomodasi yang wajar”untuk membantu pekerja penyandang cacatdalam menjalankan tugas mereka. Akomodasi itu dapat berupa pembagian tanggu jawab jam kerja(shift), peralatan yang dimodifikasi, atau jadwal kerja yang disesuaikan.
Berdasarkan undang-undang, institut pendidkan dan perguruan tinggi yang dilandasi oeh publik harus menghapuskan batasan terhadap mahasiswa penyandang cacat. Hasilnya, kini banyak sekolah yang merekut dan bekerja dengan mahasiswa penyandang keterlambatan belajar sehingga memeungkinkan mereka untuk menghadiri perkuliahan. Tergantung pada kesulitan para mahasiswanya maka bantuan dapat menyakup penyediaan buku-buku dan bahan kuliah yang , direkam menyiapkan tempat ujian terpisah bagi mereka, serta mengiinkan mahasiswa untuk menyerahkan tugas dalam bentuk rekaman dan bukannya tertulis. Para penderita keterlambatan beajar dapat mengikuti ujian masuk sekolah secara lisan dalam ruangan yang terpisah yang bebas dari segala gangguan. Banyak sekolah yang menciptakan program kusus untuk mengakomodasikan murid-murid semacam ini.
Sumber:Departemen Pendidikan dan kebudayaan,(1985)Program Akta mengajar V-B Komponen dasar pedidikan Buku II, : Modul Diagnostik Kesulitan belajar dan Pengajaran Remidial, Jakarta : Universitas Terbuka Sumber:
Penerbit
KATA HATI
Jl , Anggrek 97A  Sambilegi Lor RT 04 RW 57
Maguwohaarjo, Depok, Sleman, Jogjakarta
Telp .(0274)7482086, 081.642.72234
Fak : (0274) 488404
e-mail :amuzzwacana@yahoo.com

1 komentar:

  1. blognya sudah bagus,,
    tapi menurut saya counter search lebih baik diletakan di atas,agar pengunjung lebih mudah untuk mencari artikel, :)

    BalasHapus

Total Tayangan Halaman