Ilmu kedokteran secara terus-menerus
terlibat dalam upaya penanggulanagn kesulitan belajar. Karena implikasi
petologis dari kesulitan belajar maka banyak anak yang dikirim ke dokter
spesialis anak, neourologi, psikiater anak, dokter spesialis penyakit mata,
spesialis THT, dan dokter spesialis lain untuk memperoleh diagnosis yang tepat.
Daokter-doker ahli tersebut dapat menjadi salah satu anggoa tim yang sangat
penting dalam pendekatan multidisipline untuk memecahkan masalah kesulitan
belajar.disini akan dibahas manfaat informasi medis bagi guru, terminologi
medis tentang kesulitan elajar, pera berbagai cabang ilmu kedokteran, dan
keterlibatan terapi medis dalam penaggulagan kesulitan belajar
Tujuan
Ada empat tujuan ingin dicapai melalui
pembahasan mater ini. Keempat tujuan tesebut adalah agar anda dapa memahai :
a) Manfaat
informasi medis tentang kesulitan belajar’
b) Terminologi
kedokteran tentang kesulitan belajar
c) Peran
berbagai cabang ilmu kedokteran dalam penaggulagan kesulitan belajar
d) Keterlibatan
macam-macam terapi medais dalam penaggulagn keslitan belajar
Manfaat
informasi medis bagi guru
Ada lima informaasi medis bagi guru dalam upaya
memecahkan masalah kesulitan belajar. Kelima macam manfaat tersebut adalah:
1.
Guru dapat lebih memahami bahwa belajar
merupakan suatu prose neorologis yang terjadi dalam otak.
2.
Guru dapat menyadari bahwa dokter
spesalis sering mmberikan sumbagan baik dalam asesmen mapun pemecaha dalam
kesulitan belajar
3.
Guru bagi anak berkebutuhan kesulitan
belajar sering diharapkan dapat menginterprestasikan laporan medis tentang
murid mereka dn mendiskusikan tantang penemuan-penemuan mereka dengan dokter
dan orang tua
4.
Guru dapat lebih memahami bahwa ada
kesulitan belajar muncul terkait dengan
kemjuan ilmu kedokteran
5. Penemuan-penemuan
ilmuah yang berusa membukan misteri tentang otak manusis dan belajar dapat
menigkatkan pemahaman guru tentang kesulitan beljar(Learner(1988 : 198)
Meyadarkan guru bahwa belajar
merupakan suatu proses neorologis yang terjadi didalam otak. Jikan belajr
terkait dengan proses terjadi dalam sistem saraf puat, maka terjadinya dsfungsi
pada sistem tersebut dapat berakibat pda terjadinya gangguan dalam proses
belajar pengetahuan tentang sistem saraf pusat dn kaitanyan dengan kesulitan
belajar sngat bermanfaat bagi guru.
Menyadarkan guru
bahwa dokter spesialis sering memberikan sumbagan asesmen dan penaggulagan
kesulitn belajaar. Memahai sumbagan dari para dokter spesialis, guru akan
membutuhkan pengetahuan dan prespektif berbagai macam spesialis lmu kedkteran ,
Dengan demkian memugkinkan terjadinya
kerjasama tim yang padu dalam memecahkan masalh kesulitan belajar
Menginterprestasikan
laporan medis tentang anak dan mendiskusikan penemunaya dengan dokter dan orang
tua . pegetahuan tentang pengobatan yang diberikan kepada anak, memberikan guru
dapat memberikan umpn balik kepada guru atau orang tua tentang efektifnya suatu
objek.
Beberapa
kesuitan belajar muncul berkaitan dengan kemajuan dalam teknologi kedokteran.
Kemajuan dalam teknologi kedokteran memugkinkan upaya untuk menyelamatkan
kehidupan anak-anak pada masa sebelumny tidak dapat diselamatkan Dari anak-anak
yang berhasil diselamatkan terebut sebagai mengalami kesulitan.
Penemuan ilmuah
yang berupaya menyikap rahasia oatak manusia dan belajar memugkinkan
terciptanya suatu bentuk pelayanan pendidikan yang lebih baik.
Penemuan-penemuan ilmiah dalam ilmu kedokteran tentng otak manusia dan belajar
memugkinkan dikembangkan suatu bentuk teknologi pendidikan yang lebih baik dan upaya
memecahkan masalah belajar.
Sumber:Departemen
Pendidikan dan kebudayaan,(1985)Program Akta mengajar V-B Komponen dasar
pedidikan Buku II, : Modul Diagnostik Kesulitan belajar dan Pengajaran
Remidial, Jakarta : Universitas Terbuka Sumber:
Penerbit
KATA HATI
Jl , Anggrek 97A Sambilegi Lor RT 04 RW 57
Maguwohaarjo, Depok, Sleman, Jogjakarta
Telp .(0274)7482086, 081.642.72234
Fak : (0274) 488404
e-mail :amuzzwacana@yahoo.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar