Pages

Selasa, 29 Oktober 2013

Peran Guru khusus untuk Anak berkesulitan belajar


Peran Guru khusus untuk Anak berkesulitan belajar

Dinegara kita guru khusus bagi anak berkesulitan belajaar masih sangat langka. Meskipun Jurusan  Pendidikan  Luar Biasa FIP IKIP Jakarta telah menyelenggarakan pendidikan guru khusus bagi anak berkesuitan belajar sejak tahun 1970-an, penempatan lulusanya kedalam sistem persekolahan masih mengalami banyak kesulitan. Para Lulusan bidang kekususan pendidikan bagi anak kesulitan belajar pada umumnya mereka ditempatkan disekolah sekolah suwasta yang sudah memiliki perhatian kusus
. Pada tahun akademik 1993/1994 Kurikulum Jurusan PLB telah secara tegas mencantuman adanya bidang kekususan pendidikan anak kesulitan belajar. Mulai tahun akademik tersebut  jurusan PLB membuka tuju bidang kekususan diantaranya
1.       Pendidikan bagi anak tuna Netra
2.       Pendidikan bagi anak tuna rungu
3.       Pendidikan bagi anak tuna grahita
4.       Pendidikan bagi anak tuna daksa
5.       Pendidikan bagi anak tuna laras
6.       Pendidikan bagi anak yang kesulitan dalam belajar
7.       Pendidikan bagi anak yang bebakat
Dengan dibukanya bidang kekususan baru,pendidikan bagi anak berkesulitan belajar dan pendidikan bagi anakyang berbakat, maka kedua lapangan pekerjaan bidang kekususan tersebut perlu dubuka agar mutu pelayanan lebih meningkat.
Ada sembilan peran guru khusus bagi anak berkesulitan belajar disekolah(Lerner, 1988:147). Kesembilan peran tersebut adalah:
a)      Menyusun rancagan program identifikasi, asesmen dan pembelajaran anak berkesulitan belajar;
b)      Berpartisipasi dalam penjaringan, asesmen, dan evaluasi anak berkesulitan belajar,
c)       Berkesulitan dengan para ahli yang terkait dan menginterprestasikan laporan mereka;
d)      Melaksanakn tes , baik dengan tes formal maupun tes informal
e)      Berpartisipasi dalam penyususan program pendidiakn yang diindividualkan
f)       Mengimplementasikan program pendidikan yang diindividualkan
g)      Menyelenggarakan pertemuan dan wawancara dengan orang tua
h)      Berkerjasama dengan guru reguler atau guru kelas untk memahami anak dan menyediakan pembelajaran yang efektif;
i)        Membantu anak dalam mengembagkan pemahaman diri dan memperoleh harapan untuk berhasil serta keyakinan mengatasi kesulitan belajar
Sumber:Clarak,Barbara,(1983), Growing up Gifed london : Charles E Merril Gunarsa, Singgih D.,(1981) Dasar dan Teori Perkembagan Anak Jakarta : BPK Gunung Mulia

1 komentar:

  1. t fal titanium - Tile Furniture Department | TITanium Art
    t fal titanium. Tilc steel, chrome plated and coated titanium hair stainless steel frame. tjin x t gold titanium fal titanium security titanium. TILc steel schick quattro titanium - edge titanium 3 inches long.

    BalasHapus

Total Tayangan Halaman